Blog
Inilah Bahan-bahan yang Digunakan untuk Membuat Pagar Panel Beton

Inilah Bahan-bahan yang Digunakan untuk Membuat Pagar Panel Beton

Panel beton kini memang banyak dipilih oleh masyarakat untuk dijadikan pembatas bangunan atau pagar. Pemilihan panel beton sebagai pagar ini tentunya bukan tanpa alasan. Pagar jenis ini terbilang sangat kuat dan kokoh dibandingkan dengan jenis pagar yang lain. Lalu apa sih yang membuat pagar panel beton ini kuar?

Bahan-bahan untuk Membuat Pagar Panel Beton

Untuk membuat pagar beton, membutuhkan beton sebagai bahan utama yang digunakan. Bahan untuk beton terdiri dari campuran beberapa bahan batuan yang kemudian direkatkan menggunakan bahan ikat. Untuk lebih jelasnya berikut bahan-bahan untuk membuat pagar beton:

  1. Batu Beton

‌Batu beton sering disebut juga agregat yang di dalamnya mengandung batu pecahan maupun kerikil. Kandungan tersebut fungsinya untuk tambahan campuran beton agar menjadi lebih padat. Setiap perusahaan beton memiliki standar berbeda dalam memilih jenis batu yang dipakai.

Ada yang menggunakan batu alam yang dipecah sehingga menjadi bagian-bagian yang kecil, maupun menggunakan batuan granit yang dipecahkan. Ukuran batu yang biasanya sekitar 20 hingga 75 mm.

Untuk membuatnya, Ada 3 kelompok kerikil yang biasa dimanfaatkan, yaitu kerikil sungai, kerikil galian, dan kerikil pantai. Namun, jika tidak ingin ribet, Anda bisa membeli langsung lewat jasa pemasangan pagar panel beton.

  1. Pasir

Pasir termasuk agregat halus yang menjadi bahan utama untuk membuat pagar beton. Ukuran agregat halus yang dibutuhkan oleh beton sekitar 4,7 mm. Namun, sebaiknya Anda tidak memakai pasir yang memiliki ukuran lebih dari 5 mm karena membuat cetakan beton kurang bagus.

Ada dua jenis pasir yang biasa digunakan yaitu agregat halus dan kasar. Agregat halus terbuat dari butiran lubang ayakan dengan ukuran 4,75 mm, 4,8 mm, serta 5,0 mm, sedangkan agregat kasar hasil yang tertinggal dari proses lubang ayakan.

  1. Semen

Semen digunakan untuk membuat pagar beton jenis Portland. Kandungan material yang ada dalam semen seperti pasir, agregat kerikil, dan juga air. Semen akan membuat Anda lebih mudah saat mencetak pagar beton agar sesuai bentuk yang diinginkan.

Semen yang telah dicampurkan dengan air akan membentuk adonan dan akan mengeras dalam beberapa jam saja. Pagar beton akan mengering dan mencapai titik kekerasan maksimal setelah 21 hari.

Demikian bahan-bahan untuk membuat pagar beton. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1
Chat Untuk Konsultasi Harga dll